Posts Tagged ‘sabar’

Aku gak gimana masa depanku – bahkan apa yang bakal terjadi sejam mendatang pun aku gak tau!

KARAKTER YANG BAIK ADALAH JAMINAN TERBAIK DALAM HIDUP.

Akhirnya, aku pilih cara gini aja …..melindungi diriku dan keluargaku semampuku trus aku coba ngasih hari esokku ama Pemilik Bumi Langit alias Tuhan. Habis mau gimana lagi coba. Banyak banget hal-hal yang ada di luar kemampuan kendali diri sendiri.  Lagian udah aku coba untuk mengendalikan ini itu sekuat tenaga, berhasil sih berhasil …tapi dibalik semuanya itu, asli capek degh!! Koq kayak diperbudak sama banyak hal.

SO, aku milih melepaskan beban untuk kontrol ini dan itu sama yang ciptakan aku aja deh.

Biar berhasil kalo capek melulu dan jadi diperbudak kayaknya aku gak enjoy, no way akh! So aku milih berdoa, rajin membaca firmanNya dan mencoba mengikuti perintahNya yang ada dalam firmanNya itu.

 Sambil belajar ….tanpa aku sadari sebetulnya aku jadi belajar mengenalNya, siapa Dia, dan walhasil ….. Karunia dan BerkahNya justru bikin aku bisa jadi punya cinta kasih, tenang, sabar, sedikit lembut dan sedikit berbijak. Yah sedikit lah …sedikit-sedikit aja dulu ……ntar lama-lama juga kan berkembang!

So memilih membangun karakter itu kuncinya mengenal Tuhan, berserah sepenuhnya dan ngikutin mauNya!

Advertisements

Bersabarlah supaya mendapat kasih sayang yang melimpah

Gara-gara sifat  gak sabaran nyaris semua jalan hidupku hampir babak belur. Mungkin kalo saja waktu itu aku lebih dengerin ajakan temen, nasibku dijamin kayak temenku, hamil duluan, putus kuliah, gak dinikahi …de el el lah pokoknya.

Tapi Allah emang baik banget, nyelamatin aku! Bukan cuman diselamatin soal lolos bisa jaga perawan aja tapi juga segalanya. Aku jadi sadar pentingnya punya tujuan hidup, gak cuman mau ini, mau itu tanpa mau nunggu dan bersabar. Aku jadi belajar bisa menghargai sesuatu karena mau menunggu dan bersabar, terus mulai bisa menyukai dan menikmati saat-saat menanti.

Kini…. aku pun bisa mengerti kalau segala sesuatu yang datang dari Tuhan itu jauh lebih indah dan kekal. Waktu Tuhan gak sama dengan waktu aku. Tapi segala sesuatu itu justru menjadi indah kalo datangnya tepat pada waktuNya. Yah waktunya Tuhan.

Kasih itu tidak cemburu

Gak mudah sih untuk tidak cemburu sama pasangan. Rasa cemburu itu pasti ada sejak dari hubungan berteman, berpacaran, bertunangan sampai menikah. Cemburu kepada keluarga dan teman baik pun bisa terjadi, karena itulah sifatnya manusia yang terbatas.

Aku bisa bersabar untuk tidak cemburu tapi sabarku juga ada batasnya. Trus, gimana caranya tuh koq bisa yah ada orang yang pasangannya amit-amit tapi tetap bersabar dan tidak cemburu trus tidak lama kemudian justru pasangannya jadi sadar, minta maaf bahkan bertobat dan menjadi super setia? Nah loh ……

Usut punya usut, ternyata mereka yang bisa memenangkan sebuah hubungan yang langgeng, aman, adem dan ayem itu modalnya cinta kasih dari Tuhan. Mereka yang menang sabar itu karena lebih meminta Tuhan yang mengontrol hidupnya dan menyerahkan laku hidupya sepenuhnya ke dalam kuasaNYA karena kita gak bisa mengontrol dan mengawasi pasangan 7 hari 24 jam penuh, gitu katanya …..

Kasih itu sabar …..

Koq bisa? Itu adalah reaksi saya pertama kali mendengar ungkapan ini. Bagaimana mungkin kasih itu sabar?

Ibarat kasih sayang seorang ibu kepada anaknya. Meski anaknya bertabiat kurang menyenangkan, kasih sayang ibu tak pernah luntur, begitu sabar mencoba membantu menghilangkan kebiasaan buruk anaknya. Terus tanpa putus asa memberi pengertian agar anaknya bisa hidup bertabiat jauh lebih baik.

Meski anaknya kurang ajar, seorang ibu tetap bersabar karena ada kasih sayang.

Ini adalah tantangan buat aku, kalau memang aku betul punya sifat kasih alias sifat rohman dan rohim, bisakah aku tidak menyebarkan virus permusuhan? Bisakah aku memaafkan kesalahan orang lain? 

Sering banget Q komen soal sabar sama temen palagi saat temen bilang “Sabar, orang sabar ‘kan disayang Tuhan” trus suka nambahin …”Orang sabar ‘kan makan hati!” Bener ‘kan keduanya??

Sabar itu emang nyebelin banget, tapi tertantang juga tuk nyoba sabar. Bisa gak yah? Pas dicoba tuk dijalaninya, ternyata bisa dan gak seberapa koq kesulitannya. Sabar tuh ternyata pilihan. Pilihan untuk menang juga.

Emang pahit banget sih tuk jalanin sabar itu, tapi begitu dapet apa yang dimauin, weissss indah banget. Hebatnya hasil kesabaran tuh lebih berarti, soalnya bikin kita jadi peduli menjaganya agar gak terlepas, soalnya inget waktu dapetinnya ;kan susah.  Seringnya, yang  gampang dapetnya, gampang juga ilangnya!

Milih sabar akh tuk dapetin sesuatu yang berharga biar langgeng, gak mudah lepas.

Bener juga sih tuh Quote di atas! GILA juga sih awalnya mikirin kudu bangun sahur, ngeganggu tidur banget! Lom lagi kudu sabar trus nahan laper, haus, emosi de el el. Gak boleh ini, gak boleh itu.

Tapi kalo orang lain bisa, masa kita nggak sih? Akh jangan mau kalah, ini kan kompetisi juga, kompetisi dalam kebaikan!

Ternyata ….. kuncinya adalah kudu sabar dan tekun. Kalo kesabaran, ketekunan dan kekuatan kita kan ada batasnya ……jadi mendingan kita kudu nyari sumber sabar, tekun dan kuat yang jempolan, yang Maha gitu.

Gak ada yang gak mungkin ‘kan kalo bagi  Tuhan.

Apa aja pasti bisa! Jadi mendingan minta sama Tuhan aja akh, yang Empunya bumi dan langit.~

Ramadhan ‘kan puasa. Tuk jalanin puasa cuman sebatas gak makan minum aja sih rasanya masih kurang.

Tuntutan puasa tuh luas banget. Tuntutan puasa adalah kudu punya sabar di atas niat dan di balik tindakan.

Niat aja tuk puasa nggak diikuti tindakan nyata bener-bener ngejalanin puasa, trus  nggak ngutamain kesabaran, rasanya sulit banget, kalo mau nilai ibadah puasanya bermakna.

Bukan cuman pas Ramadhan dan mau puasa aja sih, apapun juga emang kudu niat trus doa yang khusyuk biar dapet kekuatan pas ngejalaninnya, gak lupa sih mohon kesabaran ama Yang Maha Kuasa.

Maklum,  kemampuan manusia ‘kan ada batasnya. Kesabaran manusia juga terbatas.GILA!! Banget neh blajar banyak, juga termasuk mau blajar  ngeliat hikmah di balik musibah.~