Posts Tagged ‘Maaf’

September 27

Posted: September 27, 2010 in QUOTE Gallery
Tags: , , , , , ,

September 23

Posted: September 23, 2010 in QUOTE Gallery
Tags: , , , , ,

Maaf itu bukan hadiah buat orang lain, ini benar-benar untuk diri kita sendiri.

Suatu hari seorang guru mengatakan kepada seluruh anak didiknya untuk membawa tas plastik yang tembus pandang dan sekarung kecil kentang mentah  ke sekolah. Setiap murid yang punya pengalaman hidup menolak meminta maaf atau memaafkan, mereka harus memilih dan mengambil sebuah kentang dengan ditulisi nama dan tanggal dan dimasukan ke dalam tas platik yang trasnparan itu. Beberapa tas plastik mereka ada yang cukup berat karena banyaknya pengalaman dan kentang yang harus diambil.

Mereka kemudian diminta membawa tas plastik berisi kentang mentah itu membawanya kemana pun mereka pergi selama seminggu, ditaruh disamping tempat tidur pada malam hari, di mobil saat bepergian, di atas meja belajar … pokoknya di manapun, kemana pun.

Ribetnya membawa tas kentang  ke mana-mana membuat mereka jadi berpikir jernih bahwa itulah beratnya beban yang harus dibawa-bawa secara spiritual, dan bagaimana mereka harus memberikan perhatian setiap saat supaya tidak lupa dan selalu di bawa ke mana-mana.

Secara alami, kondisi kentang pun semakin membusuk menimbulkan bau yang kurang sedap. Ini adalah sebuah metafor beratnya beban yang harus ditanggung bagi kesusahan dan sikap negatif diri kita sendiri! Sayangnya, sering kita berpikir kalau maaf itu hadiah buat orang lain, padahal sebetulnya buat diri kita sendiri!

Ngemaafin orang yang nyakitin?

Posted: September 22, 2010 in TOP Quote
Tags: , , , , , , ,

Kamu bakal tahu kalau ngemaafin itu sudah dimulai saat kamu inget sama mereka yang nyakitin kamu, trus kamu punya kekuatan untuk mendoakannya dengan baik.

Jujur, gak mudah melupakan seseorang yang sudah nyakitin kita; lebih mudah justru melupakan orang yang sudah berbuat kebaikan sama kita. Menurutku, ini sih bukan hal biasa atau hukum alam, tapi karena seringkali aku terjebak oleh pilihan lebih fokus sama diri sendiri, hanya mau peduli sama diri sendiri. Pada akhirnya aku jadi kurang bisa mensyukuri bantuan sebesar apapun.

Aku jadi kepikiran omongan seseorang saat menikmati perjalanan singkat kurang dari satu jam dengan kereta api. Dia bilang,”Kalau kita disakiti seseorang anggap saja kita ini sedang sedang diproses untuk menjadi seseorang yang lebih baik… Memang caranya macam-macam… Ada yang menyakitkan dan ada yang halus… Tapi ingat,mungkin orang itu juga tidak menyadari sudah melakukan hal yang menyakiti kamu… Ucapkan saja aku memaafkanmu dan terus doakan yang baik… Jangan pernah mengharapkan keburukan menimpa orang lain karena justru bisa menimpa diri kita sendiri.”

“Sikap menunjukkan kebesaran hati itu gak usah ditunjukkan di depan orang… Cukup dalam hati sendiri, ini hubungan antara kamu dan Tuhan yang menciptakan kamu,  lagipula kan Tuhan itu Maha Mengetahui,” lanjutnya.~

September 22

Posted: September 22, 2010 in QUOTE Gallery
Tags: , , , , , , , , , ,

Gak luput dari kesalahan

Posted: September 21, 2010 in TOP Quote
Tags: , , , , , , ,

Kita semua gak luput dari kelemahan dan kesalhan; mari bersama-sama saling memaafkan kekhilafan.

Biar Lebaran dah berlalu tapi makna lebaran itu benernya sih dijaga terus, yaitu spirit saling memaafkan. Enteng aja alasannya, selama kita masih bisa bernafas kita gak bisa luput dari kesalahan. Kalo gak ada spirit saling memaafkan, dijamin hidup makin bikin berat aja bebannya.

Kadang-kadang kalau lagi GILA mode-on, suka juga sih lupa diri trus parahnya gak nyadari dah nyakiti orang . Gak bisa juga sih kita kudu serius teruuussss atau konyol meluluuu, semua kudu seimbang dan tahu diri, tahu batas, tahu waktu.

Tapi kalo kita dah usaha minta maaf trus orang itu gak mau maafin yah jangan nyerah. Intinya kita sudah minta maaf, kita siap mengubah sikon. Coba aja do’a kan orang itu dengan baik. Gak ada yang ngebatasin kemampuan Yang Diatas yaitu Tuhan YME. Banyak banget sikon hidup yang kurang sreg trus butuh berubah. Kunci tuk berubah itu sebenernya ada di diri kita sendiri. Jadi emang kudu kita yang ngemulai.~

September 20

Posted: September 20, 2010 in QUOTE Gallery
Tags: , , , , , ,