Idul Adha, qurban dan berkorban

Posted: November 17, 2010 in Inspire Me
Tags: , , , , , , , , , ,

Aku memaknai Idul Adha dengan cara yang mungkin sedikit berbeda. Umumnya makna Idul Qurban kental dengan mengorbankan hewan sebagai bagian dari ritual agama yang dilakukan secara berkala, yaitu setahun sekali.

Bagiku, makna Idul Adha tidak secara berkala, bukan hanya setahun sekali, tetapi setiap saat. Apanya yang setiap saat??? Menyembelih hewan trus dibagi-bagikan kepada fakir miskin??? BUKAN! Bukan seperti itu!

Makna berkorban bagiku tidak dalam bentuk ritual agama dengan menyembelih hewan yang kemudian dibagi-bagi. Tetapi aku HARUS MAU mengorbankan GAYA HIDUP demi mengikuti Perintah dan KehendakNYA. Contohnya sih gampang aja, kayak….mengorbankan gaya hidup berpakaian …. ihklas berpakaian yang tidak memperlihatkan lekuk tubuh dan tidak memamerkan bagian tubuh yang dianggap aurat!

Jujur, pake baju ngikutin trend emang mengasyikkan – kan trendy gitu loh. Siapa yang gak kepengen disebut trendy, ngikutin jaman, fashionable or whatever geto. Mungkin orang pikir, aku gak mampu, kere, kampungan, kuper, gak gaul, gak tau mode atau apalah …..

Kalau tahu itu gak dibenarkan ama ajaran keyakinan kita, atau sama Tuhan kita ….. kenapa juga masih kita langgar? Sudah tahu aurat, dan tidak berkenan bagi Tuhan – koq berani sih melanggarNYA?

Well untuk bisa berkenan di hatiNYA emang butuh pengorbanan yang besar, diantaranya mengorbankan gaya hidup itu tadi.**

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s