Rajin pangkal sukses…

Posted: October 14, 2010 in Motivation
Tags: , ,

kerja keras untuk sukses!

Untuk bisa berhasil, kita dituntut bekerja secara maksimal dan produktif. Nah, untuk bisa produktif, salah satu sifat yang harus dilawan adalah kemalasan. Malas bisa berarti menunda pekerjaan, tidak mengerjakannya sama-sekali, atau bekerja dengan tidak efisien. Sifat seperti inilah yang harus kita lawan jika ingin sukses, baik secara individual maupun sebagai sebuah bangsa.

Seorang bijak berkata,

”… tangan orang rajin memegang kekuasaan, tetapi kemalasan mengakibatkan kerja paksa… orang yang malas tidak akan menangkap buruannya, tetapi orang rajin akan memperoleh harta yang berharga.”


Dalam hal ini, kita perlu belajar dari orang Jepang, terutama melihat etos kerja keras mereka. Sudah menjadi rahasia umum bahwa bangsa Jepang adalah pekerja keras. Rata-rata jam kerja pegawai di Jepang adalah 2450 jam/tahun, sangat tinggi dibandingkan dengan Amerika (1957 jam/tahun), Inggris (1911 jam/tahun), Jerman (1870 jam/tahun), dan Perancis (1680 jam/tahun).

Seorang pegawai di Jepang bisa menghasilkan sebuah mobil dalam 9 hari, sedangkan pegawai di negara lain memerlukan 47 hari untuk membuat mobil yang bernilai sama. Seorang pekerja Jepang boleh dikatakan bisa melakukan pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh 5-6 orang. Pulang cepat adalah sesuatu yang boleh dikatakan “agak memalukan” di Jepang, dan menandakan bahwa pegawai tersebut termasuk “yang tidak dibutuhkan” oleh perusahaan.

Contoh yang menarik bukan? Jadi, mulai sekarang, mari kita budayakan kerja keras, kerja tuntas, dan kerja cerdas!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s