The Power of Giving

Posted: October 12, 2010 in Wisdom
Tags: , ,

Orang kerap berkata, untuk bisa kaya kita harus banyak berhemat. Untuk bisa punya tabungan dan uang berlimpah, kita harus efisien dalam pengeluaran. Tapi, apakah berarti efisiensi keuangan itu lantas kita menutup diri dari membantu sesama? Benarkah dengan menyimpan rapat-rapat duit kita maka dijamin akan kaya dan sukses secara finansial?

Seorang bijak berkata,

”… Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan. Siapa banyak memberi berkah, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.”

Dalam kehidupan ini, kita telah banyak menerima secara cuma-cuma. Jadi, apa salahnya kita juga memberi kepada yang berkekurangan? Simaklah sirkulasi memberi dan menerima saat manusia menghirup oksigen, dan menghembuskan karbon-dioksida, sementara tanaman, menggunakan karbon-dioksida dalam proses fotosintesa, dan membebaskan oksigen.

Proses memberi dan menerima, membuat segala sesuatu di alam semesta ini berjalan, mengalir. Orang-orang jaman dahulu rupanya sangat memahami hal ini. Misalnya uang, alat tukar, dalam bahasa Inggris disebut currency, yang akar katanya adalah bahasa latin currere yang artinya mengalir.

Alkisah ada seorang sufi yang sudah merasa teramat dekat dengan Tuhannya. Suatu hari ketika sedang berjalan, Sang sufi berpapasan dengan seorang yang sangat miskin. Tubuhnya kurus kering, tinggal tulang berbalut kulit yang dibungkus dengan kain compang-camping seadanya. Badan nya tergeletak lemas di pinggir jalan, bibirnya mengering, menandakan sudah lama si miskin tidak mendapat makan. Melihat penderitaan si miskin, Sang Sufi pun berteriak protes pada Tuhan nya: “Ya Tuhan, mengapa Engkau tidak lakukan sesuatu untuk orang ini?”. Sesaat kemudian, terdengar jawaban: “Itulah sebabnya maka Aku ciptakan kamu!”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s