Mulutmu harimaumu

Posted: October 11, 2010 in Wisdom
Tags: , ,

Mulutmu harimaumu. Itu ungkapan terkenal agar kita menjaga setiap ucapan yang keluar dari bibir kita. Memang benar. Lidah kita memiliki kekuatan meyakinkan. Bisa untuk menguatkan orang, tapi bisa juga untuk ”membunuh” sesama kita dengan perkataan kita.

Seorang bijak berkata,

”… bibir orang benar menggembalakan banyak orang, tetapi orang bodoh mati karena kurang akal budi.”.”

Ada sebuah kisah menarik tentang selip lidah yang berakibat fatal, sebagaimana dikisahkan oleh motivator terkenal Andrie Wongso. Terjadi pada masa revolusi Perancis beberapa ratus tahun silam. Kala itu, sang jenderal legendaris, Napoleon Bonaparte, saat berperang di Timur Tengah pada tahun 1799 bermaksud akan melepaskan 1200 tentara Turki yang berhasil ditawan Perancis ketika mereka berhasil merebut Jaffa.

Saat itu Napoleon sedang terserang influenza. Maka, ketika ia menginspeksi pasukan, ia sering terbatuk-batuk. Karena penyakit itu, ia kemudian mengumpat “Ma sacre toux” yang artinya “Batuk sialan”. Tapi, perwira pendamping Napoleon merasa sang jenderal mengatakan “Massacrez Tous” yang artinya “Bunuh Semua”.

Akibatnya, seluruh 1200 orang tawanan Turki itu dibunuh hanya karena batuk sang jenderal. Jadi, hati-hatilah dengan ucapanmu… Salah omong, bisa membunuh orang, lho…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s