Cara melawan kemalasan

Posted: September 30, 2010 in Inspire Me
Tags: , , , , , , , , ,

Susah nggak sih melawan kemalasan dalam diri ini? Diawali dari malas beranjak dari tempat tidur, malas berangkat sekolah, kuliah atau kerja, sampai menunda-nunda PR, tugas dan pekerjaan. Manusia memang hidup dengan otak, dan dengan akal budi itu ia bisa membuat keputusan atau pilihan, termasuk dengan menunda pekerjaan. Tapi, bila keputusan-keputusan yang terus keluar dari diri kita didominasi dengan aroma kemalasan, seyogyanya kita belajar dari hewan yang rajin, yaitu semut.

seorang bijak berkata,

”hai pemalas, pergilah kepada semut, perhatikanlah lakunya dan jadilah bijak…”

Semut adalah binatang yang bijaksana. Mereka menyadari bahwa untuk segala sesuatu ada masannya, ada waktu untuk mengumpulkan dan bekerja, serta ada waktu untuk beristirahat. Ketika masa untuk bekerja datang, mereka akan menggunakannya untuk mengumpulkan bekal makanan. Tak satupun dari mereka yang berusaha mencuri waktu untuk bersantai dan bersenang-senang. Karena mereka sadar ketika musim dingin tiba, mereka akan dapat beristirahat di dalam sarangnya yang hangat, semua beristirahat, tidak ada yang bekerja. Mereka makan dan minum, berpesta sambil menanti datangnya musim semi.

Selain itu, sebagai semut, mereka tahu bagaimana hidup dalam bersama dalam komunitasnya. Setiap semut paham akan tugas dan perannya masing masing. Mereka menjalankan tugasnya dengan setia. Mereka tidak perlu dipaksa dan tidak perlu didikte. Mereka tetap bekerja tanpa perlu diawasi. Tiap-tiap semut akan melakukan tugasnya dengan sukarela dan sungguh-sungguh. Penuh kesadaran dan dedikasi yang sangat tinggi. Yang satu tidak iri dengan yang lain. Tidak hanya rajin, semut adalah binatang yang memiliki integritas tinggi.

Wow.. mari kita mengambil inspirasi dari semut pada hidup sehari-hari kita, jauhi kemalasan!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s