Jangan menahan kebaikan

Posted: September 23, 2010 in Motivation
Tags: , , , , , , ,

image from GoogleApa yang kamu lakukan seandainya ada kerabat atau kawan baik butuh pertolongan mendesak? Mungkin butuh telinga untuk sekadar mendengarkan kisah atau keluhannya, mungkin butuh uang, mungkin butuh ditemani pergi ke sebuah tempat, atau keperluan-keperluan lain. Sebaiknya memang, jika mampu, kita jangan menunda niat untuk berbuat baik itu.

 “Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya.”

 Apa yang menjadi kelebihan kita mungkin tak pernah kita sadari, sampai orang lain sadar bahwa itu menjadi kekurangan mereka. Bisa jadi kita punya waktu lebih banyak untuk mendengarkan cerita orang lain, atau membantu dalam hal-hal kecil yang awalnya terlihat sepele tapi ternyata bermanfaat sekali.

Psikolog dan dosen Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta, Dinastuti, M.Psi, pernah berujar, salah satu kegunaan yang sangat jelas dari membantu orang lain adalah bahwa perilaku tersebut membuat pelakunya merasa lebih baik. Adanya tanggungjawab sosial yang tertanam di dalam diri kebanyakan orang, menolong orang lain terasa melegakan. “ Karena berarti mereka telah menjalankan sebagian dari tanggungjawab mereka sebagai anggota masyarakat.

“Jika ada saudara dekat yang anaknya masuk rumah sakit, menjenguk dan menyumbangkan sedikit uang bagi mereka akan membuat mereka telah berbuat sesuatu. Ada perasaan berguna dan berharga saat seseorang berhasil menolong mereka yang membutuhkan,” kata Dina.

Jadi, jangan tunda lagi menolong orang lain!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s