Orang terpintar sedunia?

Posted: September 16, 2010 in Inspire Me
Tags: , , , , , ,

Bagaimana ya rasanya menjadi orang paling pintar sedunia?

Tentu kriteria pintar dinilai dari berapa IQ alias intelligence quotient yang dimiliki seorang manusia. Sudah pernah test IQ, belum? Kalau sudah, omong-omong berapa nilai IQ kamu?  Di atas atau di bawah 100? Kalau belum, tak ada salahnya mencoba, misalnya ke psikolog terdekat, atau mau secara online saja. Ada situs yang menawarkan tes secara virtual, seperti di http://www.iqtest.com/

Yang punya nilai IQ rendah sering disebut IQ jongkok, entah mengapa disebut begitu. Mungkin saja karena nilai itu posisinya rendah, seperti orang berjongkok, hehe… Umumnya, pemilik nilai IQ di atas 140 disebut genius, sedangkan kalau di atas 145 digolongkan super genius. Beberapa waktu lalu Tempo Interaktif menulis wawancara dengan mantan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang mengatakan IQ nya 157!

Nilai IQ Bu Mul tergolong tinggi karena pelukis Rembrandt van Rijn dari Belanda saja IQ-nya155, sementara pendiri Microsoft Bill Gates 160, dan fisikawan Albert Einstein nilai IQ nya juga 160. Di urutan teratas orang terpintar sedunia ada pelukis Leonardo da Vinci  asal Italia (IQ 220), diikuti sastrawan Jerman Johann Wolfgang von Goethe (210) dan ahli matematika serta filosof Jerman Gottfried Wilhelm von Leibniz (205).

“Takut sama Tuhan adalah permulaan pengetahuan…”

Nah, sebenarnya, ada yang tak boleh dilupakan dari urusan mencari kepintaran. Sekolah boleh saja, dari diploma, sarjana, master, doktor, sampai profesor. Tapi, jangan pernah lupa, kepintaran itu datangnya dari Sang Pencipta kehidupan kita.

Percuma saja kita belajar sunguh-sungguh jika tak memiliki rasa takut dan hormat pada pencipta kita. Jangan-jangan, ilmunya tak berguna buat orang lain. Padahal, dari daftar orang terpintar sedunia (http://ceritakan.com/sains/100-orang-yang-mempunyai-iq-tinggi-di-dunia) rata-rata mereka semua memanfaatkan kepandaian itu buat orang lain lho…

Advertisements
Comments
  1. jojo says:

    memang, adalah baik menjadi pintar, tapi lebih baik lagi kalau kepintaran itu menjadi berguna buat orang lain. Kepintaran yang datangnya karena ketaatan akan Sang Kuasa..

  2. widi, prok…prok…prok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s